16 Tips Fashion Buat Kamu yang Punya Tubuh Curvy Alias “Berisi”!

16 Tips Fashion Buat Kamu yang Punya Tubuh Curvy Alias “Berisi”!


Artikel kali ini spesial kami siapkan buat kamu yang punya tubuh curvy, “berisi” atau gemuk. Yup, penampilan cantik dan menarik memang bukan cuma milik mereka yang tubuhnya proporsional. Kamu pun bisa terlihat awesome asalkan tepat memilih gaya busana. Tapi, pernahkah kamu menghabiskan waktu berjam-jam demi memilih baju yang tepat sebelum pergi ke suatu acara? Berharap menemukan baju  yang bisa menyamarkan bentuk tubuh sekaligus membuat penampilanmu tampak menawan?  Yang  pasti, diet bukan satu-satunya solusi untukmu kok, girls! Ini lho 19 aturan fashion yang perlu kamu tahu…


1. Buat Kamu yang Gemuk, Hal Paling Pertama yang Wajib Kamu Lakukan Adalah Mengenal Bentuk Tubuhmu: Mana yang Harus Disamarkan dan Mana yang Bisa Kamu Tonjolkan


Jika pinggulmu terlalu besar misalnya, kamu bisa menyiasatinya dengan cara memilih mengenakan dress yang dikombinasi dengan ikat pinggang. Pilih dress dengan warna gelap yang solid, sedangkan untuk ikat pinggang pilih warna cerah yang menimbulkan kontras.

Yang pasti, baik itu warna, model, potongan, hingga pola dan motif baju akan sangat mempengaruhi tampilanmu. Pastikan kamu sudah bisa mengenal bentuk tubuhmu sendiri. Tentukan bagian mana saja yang memang terlihat bagus dan bagian lain yang perlu kamu perbaiki.


2. Sebaiknya, Kenakan Atasan dengan Cara Dimasukkan ke Dalam Celana Atau Rokmu

Misalnya, saat mengenakan kaos, kamu bisa memakainya dengan cara dimasukkan ke dalam celana. Cara yang sama bisa juga diterapkan saat kamu memakai rok. Dengan begitu bagian tubuh yang berlekuk tetap bisa terlihat.


3. Kenakan Warna Atau Motif yang Kontras Agar Tampilanmu Tampak Menarik


Hitam, cokelat, biru tua, atau warna-warna gelap lainnya seringkali jadi incaran kamu yang bertubuh gemuk. Baju-baju berwarna gelap biasanya dianggap “aman” untuk dikenakan karena ampuh menyamarkan bentuk tubuh yang gemuk. Tapi, coba deh lihat tampilan di atas, celana dengan warna cerah dan motif yang ramai itu keren juga, kan?

Intinya, walau tubuhmu gemuk jangan takut memainkan warna dan motif pakaian. Bertubuh “berisi” tidak seharusnya membuatmu takut bereksperimen dong?


4. Pilih Baju dengan Motif Kecil-Kecil Agar Tubuhmu Juga Tampak Lebih Ramping


Yang satu ini memang sudah jadi rumus pasti. Baju dengan motif besar akan membuatmu terlihat lebih gemuk, sedangkan motif kecil menjadikanmu tubuhmu tampak sedikit lebih ramping dari aslinya


5. Buat Kamu yang Gemuk Wajib Banget Menghindari Baju dengan Motif Horizontal!



Pilih motif vertikal biar tubuhmu nggak tampak makin lebar, girls!


6. Jangan Sekali-kali Beli Baju Allsize, Pilih yang Ukurannya Pas – Jangan Terlalu Ketat Apalagi Longgar


Berbeda dari mereka yang bertubuh kurus, pantang bagimu memilih baju dengan sembarangan. Saat membeli kaus misalnya, baik-baik perhatikan ukurannya. Baju yang terlalu ketat sudah pasti membuatmu tampak gemuk, sedangkan yang terlalu longgar jelas tak sedap dipandang.


7. Hindari Baju yang Banyak Renda Karena Penampilanmu Akan Terkesan “Penuh”


Ruffles atau renda memang menambah manis penampilan. Sayangnya, trik ini hanya berlaku bagi mereka yang kurus. Sementara, kamu yang bertubuh besar justru lebih baik menghindarinya.


8. Sesekali Kenakan Jaket Atau Blazer yang Bisa Membuatmu Terlihat Awesome


Jika tubuhmu terlihat besar di bagian perut, pundak, dan sekitar lengan, kamu layak memilih jaket dan blazer sebagai item fashion yang bisa diandalankan. Jaket dan blazer akan menutupi bagian-bagian yang ingin kamu sembunyikan. Asalkan bisa memilih padu-padan yang sesuai, kamu bisa tampil keren. Coba deh sontek penampilan di atas!


9. Ketika Menghadiri Acara Formal, Gaun Asimetris dan Heels Bisa Jadi Pilihan


Nah, demi penampilan yang terlihat lebih ramping dan elegan, gaun asimetris cocok kamu kenakan. Misalnya, saat akan menghadiri acara pernikahan teman atau momen formal lainnya. Cukup padukan dengan high heels berwarna senada, maka penampilanmu pun lengkap sudah. Selain model asimetris, jenis wrap dress pun tak kalah cantik kamu kenakan.


10. Coba deh Periksa Lemarimu, Kamu Wajib Punya Sepotong Celana Jeans Berwarna Gelap yang Ukurannya Pas




Memilih celana jeans memang bukan perkara mudah, baik bagi kamu yang kurus maupun gemuk. Tapi, item fashion yang satu ini memang wajib ada di lemarimu. Jadi, buat kamu yang bertubuh gemuk, silakan dicatat, ya!

1. Jangan pilih celana jeans yang panjangnya menutupi engkelmu.

2. Jika tubuhmu besar di bagian pinggul dan kaki, hindari jenis flare jeans. 

3. Paduan jeans dan flat shoes hanya akan membuatmu terlihat lebih pendek


11. Untuk Aksesoris, Kamu yang Gemuk Memang Paling Pas Memilih Tas Jenis Handbag


Dari sekian model tas yang bisa kamu pilih, handbag adalah yang paling “aman” kamu kenakan. Tak seperti jenis tas samping yang bisa membuat penampilanmu tampak makin penuh, handbag memang bisa memberi kesan ringan.


12. Sepasang Anting Panjang Bisa Mengalihkan Perhatian Orang Atas Bentuk Tubuhmu

Bagi cewek-cewek bertubuh besar atau berisi, sah-sah saja mengenakan aksesoris yang kentara. Pasalnya, aksesoris kecil justru tak akan sesuai kamu kenakan – tak seimbang dengan tubuhmu yang besar.

Sebaiknya, pilih anting yang kecil dan panjang. Selain bisa mengalihkan perhatian orang ke daerah wajahmu, anting juga menyamarkan bentuk lehermu sehingga tampak lebih panjang. Nah, agar tangan terlihat lebih ramping, kenakan 2 atau 3 buah gelang berukuran sedang.

13. Buat Ilusi Betis yang Ramping dengan Mengenakan Sepatu Boots!


Sepatu boots tenyata bisa jadi salah satu penyelamatmu, lho! Yup, boots memang ampuh menyamarkan bentuk kakimu sehingga akan terlihat lebih ramping dan jenjang. Kamu pun bisa memilih rok atau jeans sebagai padu padannya. Yang pasti, flat shoes tetap bukan pilihan alas kaki yang disarankan ya, girls!


14. Soal Rambut Juga Tak Kalah Penting Diperhatikan. Sebagai Penyeimbang, Pilih Potongan Rambut Panjang yang Bervolume


Nah, lihat deh penampilan Adele. Kece banget dengan rambut panjang yang dibuat bervolume,’kan? Yup, rambut panjang memang lebih pas buat kamu yang bertubuh besar, sedangkan rambut pendek seringkali menjadikan penampilanmu tampak semakin gemuk.



15. Hei Girls, Jangan Minder Soal Ukuran Bajumu! Meskipun Gemuk, Penampilanmu Tetap Menarik dengan Pilihan Busana yang Tepat Kok..


Penampilan itu bukan perkara ukuran. Kamu yang bertubuh gemuk hanya perlu sedikit usaha ekstra untuk pintar-pintar memilih busana yang tepat. Mungkin, kamu hanya butuh waktu lebih lama saat berkeliling butik atau mall. Perlu meluangkan waktu untuk baca-baca majalah atau browsing blog-blog fashion sambil sesekali membongkar dan memilah isi lemari.


16. Tubuh Gemukmu Tetap Terlihat Menawan Asalkan Kamu Nyaman dengan yang Kamu Kenakan!


See! Kunci keberhasilan sebuah penampilan adalah saat kamu sendiri merasa nyaman dengan tubuh yang kamu punya dan baju yang kamu kenakan. Dengan begitu, kamu pun tak akan ragu untuk sering-sering tersenyum – kebiasaan yang akan menjadikanmu semakin terlihat menarik!

Nah, gimana? Sudahkah kalian yang bertubuh gemuk mendapat sedikit pencerahan? Selamat bergaya! Semoga tetap semangat dan selalu cantik ya, girls!

banks logo